IAD,ISD,IBD



Pemakalah:

Abdun Nafi
Imroatun Nadhifah  
Isman Nur Afif
Muchtar Yusuf 


TEKNOLOGI KERAS DAN TEKNOLOGI LUNAK DALAM KEBERAGAMAAN

BAB I

PENDAHULUAN



A.              Latar Belakang

Teknologi Keras dan Teknologi Lunak dalam Keberagamaan
Dennis Goulet mengatakan bahwa “Teknologi adalah bagian dari ilmu terapan yang menunjuk pada aplikasi sistematis atas rasionalitas manusia untuk mengatasi problem kemanusiaan.” Ilmu murni tidak bisa menghasilkan Teknologi, tetapi ilmu murni bisa menghasilkan teori dari ilmu terapan yang menghasilkan Teknologi. Teknologi mungkin memunculkan sesuatu yang baru dan berguna bagi ilmu murni. Contoh yaitu menemukan teori tentang galaksi atau tata surya yang memberikan masukan kepada ilmu murni. Dalam kehidupa sehari-hari tidak dapat dipungkiri, bahwa kita membutuhkan teknologi untuk mengatasi problem kemanusiaan. Dengan teknologi manusia dapat meningkatkan taraf hidupnya. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) merupakan cabang ilmu yang harus dikuasai dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Sejarah menunjukkan bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tidak mungkin terjadi secara instant melainkan memerlukan usaha yang konsisten dan terus menerus. Dalam kehidupan manusia dewasa ini tidak tterlepas dari ilmu alamiah dan ilmu terapannya berupa tekgnologi dalam berbagai bidang. Misalnya, swejak dalam kandungan manusia dapat perawatan secara medis melalui pemeriksaan berkala di BKIA. Ilmu alamiah murni memang tidak langsung mempunyai peranan dalam kehidupan manusia secara langsung, tetapi antara ilmu murni dan ilmu  tetrapan (teghnologi) mempunyai hubungan yang erat, dari konsep atau prinsip ilmu murni dapat dikembangkan ilmu terapan. Sebaliknya, tekgnologi atau ilmu terapan memberikan sumbangan penemuan penemuannya kkepada prinsip atau hukum hukum baru. Ilmu alamiah dan tegnologi ituy selalu mempunyai kaitan, misalnya, dulu manusia membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya dan belum mengenal tegnologi membuat perahu. Namun, pada zaman modern ini, untuk dapat membuat kapal, orang harus menguasai ilmu murni, hukum archimedes,kontruksi baja dan seabagianya agar kapal tidak tenggelam.

B.               Rumusan Masalah

a.     Apakah yang dimaksud teknologi?
b.     Apa Keterkaitan Ilmu Pengetahuaan dan teknologi
c.      Teknologi Keberagamaan
d.     Apa Teknologi Pemikiran atau Hubungan Tentang manusia,IPTEK dan Agama
e.      Apa Dampak Hard Technology dan Soft Technology dalam Keberagamaan
f.       Apakah Manfaat Teknologi dari Sudut pandang Islam

BAB II

PEMBAHASAN



C.      Pengertian Teknologi.

Menurut Dennis Gauled Teknologi adalah bagian dari ilmu terapan yang menunjukkan pada aplikasi sistematika atas rasionalitas manusia untuk mengatasi problem kemanusiaan.
Jadi yang menghasilkan teknologi yaitu ilmu terapan,sedangkan ilmu murni tidak bisa menghasilkan teknologi, tetapi teknologi yang dapat menghasilkan ilmu murni. Ilmu Murni Ilmu Terapan Teknologi


 
Contoh: Pesawat olak alik yang terbang keluar angkasa dan memperoleh pengetahuaan.
Aplikasi sistematis,rasionalitas bisa ditangkap oleh mata untuk mengatasi problem kemanusiaan ,bukan hanya manusia tetapi juga yang ada disekitar manusia.Seperti berinteraksi dengan hewan dan berhubungan dengan alam. Manfaat teknologi dapat meningkatkan taraf hidupnya.

Teknologi dibagi menjadi 2,yaitu:
1.      Teknologi lunak/perangkat lunak
2.      Teknologi keras/perangkat keras
a.       Perangkat Lunak/soft technology
Software adalah program komputer yang isi intruksinya dapat diubah dengan mudah. Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan Software yang lain dan lebih mendasar (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.
Software dibedakan menjadi beberapa macam, diantaranya :
1.      Sistem Operasi (Operating System)
2.      Program Aplikasi (Aplication Program)
3.      Bahasa Pemrograman (Programing Language)
b.      Perangkat Keras/hard technology
Perangkat keras adalah:suatu media yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat terlihat dan bisa kita pegang.
Seperti:Komputer,ponsel,tablet,dan lain-lain


D.         Keterkaitan Ilmu Pengetahuaan dan teknologi

Teknologi ditemukan untuk menambah prinsip-prinsip atau teori-teori.
Nilai-nilai dalam teknologi:
1.      Rasionalitas (Dapat ditangkap oleh akal).
2.      Efisiensi
3.     jarak dengan objek.
4.      Mengendalikan hidup manusia karena teknologi hasil budidaya manusia.
E.       Teknologi Keberagamaan

Teknologi keberagamaan adalah salah satu ilmu yang menyangkut prinsip ilmu pengetahuaan yang rasional dan sistematis tentang langkah-langkah operasional yang menyangkut seperangkat metode rasional untuk mewujudkan suatu gejala keberagamaan. ilmu tentang cara beribadah. Teknik keberagamaan adalah prosedur pemberdayaan hubungan sifat dasar antara dua atau lebih unsur keberagamaan .Unsur dalam keberagamaan ada orang,ada yang disembah ada tempatnya, ada adatnya dll.

F.       Teknologi Pemikiran atau Hubungan Tentang manusia,IPTEK dan Agama

1.      Pendekatan Konflik
          Orang materialisme berpendapat bahwa agama adalah musuh sains.Agama adalah virus candu masyarakat .Mereka berpendapat seperti itu karena di dalam agama ada konsep imandan menurut mereka iman tidak dapat dijelaskan secara ilmiah.Tokohnya yaitu Richrd Dawkin,Peter Ateins,Carl Sagan.



2.      Pendekatan Independensi
              Menyadari bahwa metedologi yang digunakan oleh sains itu berbeda,mereka.Karena mereka  bependapat bahwa agama dan sain tidak dapat bersatu agama menggunakan hati dan sains menggunakan akal / rasio.Wilayah agama berbeda dengan wilayah sains,oleh karena itu agama dan sains harus dipisahkan agar tidak menimbulkan konflik.


G.             Dampak Hard Technology dan Soft Technology dalam Keberagamaan

Berikut ini contoh-contoh hard technology dan hubungannya dengan keberagamaan:
1.      Televisi
Televisi adalah Alat untuk mengaplikasikan suara dan gambar dengan perantara aliran listrik.Walaupun pada asalnya televisi (secara dzat) itu dibolehkan, namun yang lebih penting untuk dikaji adalah hukum penggunaan televisi di zaman kita sekarang ini. Apabila televisi tersebut digunakan untuk perkara yang bermanfaat, seperti penyebaran ilmu agama yang shohih, informasi tentang ilmu pengetahuan, maka hukumnya adalah dibolehkan. Akan tetapi apabila televisi tersebut digunakan untuk penyebaran syi’ar-syiar kekafiran, kemaksiatan, dan segala sesuatu yang menyelisihi syariat maka tidak diragukan lagi bahwa hukumnya berubah menjadi sesuatu yang dilarang. Dengan demikian hukum televisi tergantung dari pemakainya. Berdasarkan realita, penggunaan televisi dewasa ini adalah untuk menyebarkan kemaksiatan serta perkara-perkara yang melalaikan dari agama Allah, walaupun tidak dipungkiri ada manfaat yang bisa diambil dari adanya televisi.
Dampak buruk televisi yaitu:
a.       Kehancuran akhlak
b.      Hilang atau redupnya aqidah Islam yang agung
c.       Tersebarnya gaya hidup materialistis
d.      Penyia-nyiaan waktu

2.      Handphone(HP)
Pada era moderen ini, siapa yang tidak mengenal hanphone atau HP,hampir semua kalangan mempunyai HP,dari mulai anak kecil sampai orang dewasa,hal tersebut karna HP sudah familiar dimasyarakat luas,sehingga sudah komunikasi lebih gampang dan mudah.
Dampak negatif dari HP dalam keberagamaan
a.       Waktu menjadi sia-sia
b.      Untuk menyimpan Video-video porno
c.       Rawan akan penipuan,karna teknologi komunikasi lebih mudah

H.      Berikut ini adalah contoh-contoh soft technology dan hubungannya dengan keberagamaan:
1.      Facebook
Facebook memang sebuah fenomena tersendiri di zaman sekarang ini. Melejitnya jumlah pengguna Facebook di Indonesia ini ternyata menarik perhatian para ulama dan kiyai di negeri ini. Setidaknya sekitar 700 ulama se-Jawa Timur sempat berkumpul untuk membahas hukum penggunaan Facebook. Rupanya para tokoh Islam sedikit khawatir bahwa meluasnya jejaring sosal tersebut juga dapat berdampak negatif. Misalnya mereka takut kalau digunakan untuk transaksi negatif seperti teks terselubung. Padahal sebenarnya Facebook nyaris mempunyai kemiripan dengan berbagai media elektronik lain, seperti televisi, radio, telepon, serta internet. Semua itu pada dasarnya bebas nilai, kecuali setelah diisi dengan berbagai konten. Kalau kontennya bermuatan positif, tentu hukumnya halal. Sebaliknya, kalau kontennya bermuatan negatif, tentu hukumnya akan menjadi haram.
Dengan fenomena Facebook, banyak pihak yang merasa keberadaannya menghawatirkan karena adanya penyalahgunaan. Diantaranya untuk sarana bermesum-ria, atau juga untuk bergosip, berhasad, bergunjing, atau menyebarkan berita bohong. Dan beberapa kasus, memang hal itu benar terjadi. Tapi bukan berarti semua pengguna Facebook melakukan kemaksiatan dan kemungkaran seperti yang disebutkan.
Facebook juga bisa bermanfaat bagi agama misalnya untuk sarana berdakwah dan sebagai wadah untuk bersilaturrahmi.
I.          Manfaat Teknologi dari Sudut pandang Islam

Pengembangan teknologi memerlukan usaha secara sungguh­ sungguh, baik dalam bentuk penemuan sains sebagai basisnya, maupun penerapan dan pengembangan sains tersebut dalam bentuk teknologi. Usaha pengembangan teknologi tersebut dilakukan karena diyakini memiliki manfaat yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Di antara manfaatmanfaat teknologi tersebut adalah :
a.       Memperoleh Kemudahan
Kemampuan fisik manusia untuk meraih berbagai kebutuhan hidup sangat terbatas. Pandangan mata, pendengaran telinga manusia terbatas, begitu pula kekuatan dan keterampilan tangan dan kakinya. Kemampuan fisik manusia itu tidak sebanding dengan kebutuhan yang diinginkan. Tetapi manusia sebagai khalifah Allah diberikan kemampuan akalpikiran untuk memanfaatkannya menemukan caracara yang tepat dan efektif guna meraih kebutuhan hidup yang tidak mungkin dicapai melalui kemampuan fisik semata. Akalpikiran manusia mampu mendayagunakan segala yang Allah ciptakan di bumi ini.
b.      Mengenal dan Mengagungkan Allah
Apabila manusia mampu menghayati akan makna sains dan teknologi yang dikembangkannya, bahwa sernua itu bukan semata‑mata karena faktor diri pribadi manusia, tetapi ada faktor lain di luar dirinya, maka manusia akan memperoleh jalan untuk mengenal sesuatu yang lain di luar dirinya itu, yaitu Yang Maha Agung, Yang Maha Kuasa, dan Yang Maha Bijaksana, yaitu Allah SWT. Kesempurnaan alam dengan struktur dan sistemnya tidak bisa dibayangkan akan terbentuk dengan sempurna apabila tidak ada kesengajaan pihak lain, yaitu Yang Maka Kuasa dan Maha Sempurna. Semakin luas dan dalam pengetahuan manusia akan rahasia alam ini, maka semakin dekat manusia untuk mengenal Pencipta alam ini, yaitu Allah, Sang Khalik. Ketika pertama manusia mengembangkan teknologi bangunan, manusia telah diberikan contoh langit yang tinggi, yang luas dan kokoh, yang tidak takut akan runtuh. Begitu pula ketika manusia mengembangkan teknologi pesawat udara, Allah telah memberikan contoh bagaimana burung bisa terbang di angkasa dengan stabil, mampu mempertahankan keseimbangan tanpa takut jatuh, dan lain sebagainya. Karena itu ketika menerangkan berbagai struktur di alam ini, Allah menyatakan bahwa semua itu menjadi pelajaran bagi manusia untuk lebih mengenal dan mengangungkan Allah penciptanya.
c.       Memperoleh Kesenangan dan Kebahagiaan Hidup
Kemudahankemudahan yang diperoleh manusia melalui pemanfaatan teknologi membuat manusia dapat memperoleh kesenangan dan kebahagiaan hidup serta tetap dalam koridor kesenangan dan kebahagiaan yang halal, yang diridhai Allah. Allah tidak menghendaki manusia hidup susah, tetapi sebaliknya Allah menghendaki manusia hidup senang, hidup bahagia
d.      Meningkatkan Kemampuan Memanfaatkan Kekayaan Alam
e.       Seorang pekerja bangunan yang kuat dan masih muda, masih memiliki semangat kerja dan daya tahan tubuh tinggi menggali tanah dengan peralatan tradisional untuk  pondasi bangunan dalam satu hari ia hanya mampu menggali beberapa meter kubik, begitu pula pekerja tambang, dan lainlain. Ketika para pekerja tersebut menggunakan peralatan berat, ia mampu meningkatkan produktivitas kerja berlipat ganda. Bahkan banyak kekayaan alam yang tidak mungkin dideteksi keberadaannya dan dilakukan eksplorasi tanpa menggunakan teknologi canggih, seperti sumber minyak yang berada di kedalaman ribuan meter atau di dasar laut. Padahal semua itu disediakan oleh Allah untuk kesejahteraan hidup manusia.

Teknologi meningkatkan kemampuan manusia melakukan eksplorasi kekayaan alam tersebut secara optimal. Banyak negara, bangsa yang tidak memiliki kekayaan alam memadai tetapi karena memiliki kemampuan teknologi canggih hidup lebih sejahtera dibandingkan dengan negara, bangsa yang memiliki kekayaan alam melimpah tetapi teknologinya tertinggal. Jepang umpamanya, adalah sebuah negara kecil, yang miskin akan kekayaan alam, tetapi kemajuan teknologinya tinggi, ia lebih kaya dibandingkan dengan Indonesia yang kekayaannya melimpah tetapi tertinggal kemajuan teknologinya dibandingkan dengan Jepang. Masih banyak negara di dunia ini yang kaya seperti Jepang dan yang tertinggal seperti Indonesia.

Eksplorasi kekayaan alam diingatkan oleh Allah agar jangan sampai tak terkontrol sehingga berubah menjadi eksploitasi alam, yang mengakibatkan kerusakan alam, terganggunya keseimbangan lingkungan, karena justru akan mengakibatkan timbulnya malapetaka bagi manusia, seperti banjir,  pencemaran lingkungan, ,dan lain-lain.



  





BAB III 
PENUTUP



SIMPULAN

            Teknologi adalah bagian dari ilmu terapan yang dapat digunakan untuk mengatasi problem kemanusia. Nilai-nilai dalam teknologi:Rasionalitas,Efisiensi,External.  Pendekatan Independensi bependapat bahwa agama dan sain tidak dapat bersatu agama menggunakan hati dan sains menggunakan akal / rasio. Suatu pandangan yang mempersatukan sains dengan agama.keduanya merupakan wilayah yang berbeda namun berada dalam satu kesatuaanyang utuh dalam memahami realitas kehidupan.Pandangan ini merupakan tuntunan yang alamiah dari pendekatan dialogis. Al-Qur’an bagaikan daftar isi dalam sebuah buku besar dalam alam sememesta.Fenomena alam sebagai rahasia kehidupanyang dapat digali melalui sains.







DAFTAR PUSTAKA


Markuri Jasin,2013, ilmu alamiah dasar, Jakarta:Rajawali Pers
Definisi teknologi
http://manfaat teknologi.blogspot.com
http://muslim.or.id/akhlaq-dan-nasehat/televisi-dalam-sorotan.html


2 Comments

  1. Best Places To Bet On Boxing - Mapyro
    Where To Bet On Boxing. It's 출장마사지 a sports betting event 한게임 포커 in which you bet on 1xbet app the outcome of a game. 벳 매니아 In the boxing world, each 출장안마 player must decide if or not to

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post