DASAR, FUNGSI DAN TUJUAN PEMBELAJARAN PPKN


Tugas:

Abdun Nafi





BAB III

PANCASILA DAN KWARGA NEGARAAN

A.  Dasar Fungsi dan Tujuan Pembelajaran PPKN

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Dan pembelajaran PPKN untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Ynag Maha Esa,berahlak mulia,sehat,berilmu,cakap,kreatif,mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.
1.     Konsep Pembelajaran PPKN
Konsep pendidikan pancasila dan kwarga negaraan bermaksud untuk menciptakan warga Indonesia sebagai warga yang pancasilais,maksudnya menciptakan manusia Indonesia yang berwatak,bersikap,dan berkepriabadian panasila.
2.     Target Tujuan PPKN
Aspek yang apling diprioritaskan dalam pembelajaran PPKN adalah aspek sikap,dan spek ini bisa terwujud dengan metode mengajar,dengan cara pada topik itu kata-kata yang mengandung ajaran,larangan atau kepatuhan.
Faktor- faktor yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran PPKN meliputi:
a.       Peserta didik
b.      Lingkungan
c.       Kondisi
d.      Metodologi

3.     Objek pembelajaran PPKN
Objek pembelajaran PPKN adalah peserta didik sbagai warga negara untuk membentuk sikap, watak dan kepribadian berdasarkan nilai-nilai/norma-norma pancasila.


4.                 Pangkal Tolak PPKN
Pendidikan Pancasila dan kwarga negaraan berupaya utuk membentuk anak didik menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawb dan mau serta mampu mengenalkan pancasila dan UUD 45.Melalui PPKN,didorong dan diarahkan untuk percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.Karena P4 yang merupakan dasar berpijak dan pangkal tolak PPKN memang memberikan arah dan dorongan kepada warga negara Indonesia untuk percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

a.       Penggunaan metode dalam pembelajaran PPKN
b.      Evaluasi PPKN
c.       Pemilihan bahan-bahan pengajaran PPKN


B.     Ruang Lingkup Pelajaran PPKN
Ruang lingkup pelajaran PPKN meliputi aspek-aspek sebagai berikt,diantaranya adalah persatuan dan kesatuan bangsa,meliputi:hidup rukun dalam perbedaan,cinta lingkungan,kebanggaan sebgai indonesia,sumpah pemuda, keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,partisipasi dalam pembelaan negara, sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, keterbukaan dan jaminan keadilan.

C.    Konsep Dasar Pembelajaran PKN
Konsep dasar pembelajaran PPKN berpedoman UU no 20 tahun 2003 tentang sisdiknas,pendidikan nasional dan dasar negara Republik Indonesia yaitu Pancasila
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berawal dari pengajaran Pendidikan Moral,Pendidikan Moral berawal dari Civic.Civic mengadopsi mata pelajaran Amerika,yang berasal dari bahasa latin yang artinya
ü  Warga negara.
ü  Sesama warga negara,sesama penduduk,orang setanah air.
ü  Bawahan dan kawula.
Civis masuk ke dalam bahasa Inggris menjadi civic artinya Warganegara atau kewarganegaraan.Dari kata civic pada zaman Romawi merupakan sebutan untuk menunjukan nama keanggotaan Negara/kewarganegaraan seseorang.
Pelajaran civic mulai dikenal di Amerika Serikat 1790 dalam rangka meng-Amerika-kan atau lebih dikenal dengan nama “Theory of Americanization”.


Berikut ini merupakan materi civic menyangkut:
Ø  Warga negra dengan hak kewajibannya
Ø  Pemerintah
Ø  Negara
Ø  (Cabang dari Ilmu politik)
Tahun 1966 buku: Manusia dan Masyarakat Baru Indonesia” sebagai materi civic dilarang beredar sebagai buku pegangan sekolah namun Mendikbud mengeluarkan intruksi bahwa materi civic dapat diambil dari:
a.       Pancasila
b.      UUD 1945
c.       Ketetapan-ketetapan MPRS
d.      Perserikatan bangsa-bangsa.

Ditambah dengan:

a)      Orde Baru
b)      Sejarah Indonesia dan
c)      Ilmu Bumi Indonesia.
Tahun 1972: Civic diganti dengan Ilmu Kwarga Negara,sedangkan Civic Education diganti dengan pendidikan Kewargaan Negara(PKN).Dalam kurikulum Tahun 1975 sampai dengan kurikulum 1984 PKN berganti nama menjadi PMP.Dalam kurikulum tahun 1994 PMP berganti nama lagi menjadi PPKN.Dalam kurikulum KBK tahun 2004 dan kurikulum KTSP tahun 2006,PPKN menjadi PKN,sedangkan dalam kurikulum 2013 PKN kembali lagi PPKN.Perubahan nama dari Civic menjadi PKN,PMP,PPKN dan kembali PPKN tersebut pada dasarnya ingin memerankan fungsi guru sebahai pendidik,pengajar dan pelatih secara optimal.

D.    Hakekat Pembelajaran PPKN
Pendidikan Kewarganegaraan(Citizenship) merupakan pembelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama,sosiokultural,bahasa,usia dan suku bangsa untuk menjadi warga Negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh pancasila dan UUD 1945(KBK,2004).
Landasan PPKN adalah pancasila dan UUD 1945,ynag berakar  pada nilai-nilai agama,kebudayaan nasional Indonesia,tanggap pada perubahan zaman,serta Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan nasional.Pada dasarnya pendidikan pancasila dan kewarganegaraan tersebut merupakan mengembangkan jiwa dan nila-nila 1945 kepada generasi muda.PPKN merupakan pelajaran bukan untuk dihafal,melainkan untuk dimaknai dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat.


Secara garis besar penyajian konsep PPKN bertujuan:
a.       Untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan diri pribadi peserta didik sebagai insan pancasilais.
b.      Untuk meningkatkan diri peserta didik sebagai warga negara yang pancasilais yang mahir dalam melakukan hubungan social.

a.     Ruang Lingkup Pembelajaran PPKN
Secara garis besar ruang lingkup PPKN meliputi aspek-aspek berikut ini:
a.       Persatuan dan kesatuan bangsa.
b.      Norma.
c.       Hak asasi manusia.
d.      Kebutuhan warga negara.
e.       Konstitusi negara.
f.       Kekuasaan dan politik.
g.      Pancasila.

Contoh kasus dalam kehidupan sehari-hari
1.      Terjadinya perubahan UU pemilihan DPRD dari langsung menjadi tidak langsung,hal tersebut terjadi karna pemilihan tidak langsung merupakan pengamalan pada nilai-nilai sila ke-4,sehingga pemilihan DPRD kembali di wakilkan,tidak lagi langsung.
Itu artinya kita kemabli lagi pada Pancasila


Kesimpulan

Pelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan merupakan bertujuan agar kita bisa lebih tau akan sebagai warga negara yang baik itu,
Disisi lain pelajaran PPKN juga membuat kita lebih mencinai dan mengamalkan pancasila dan UUD 45,dengan dmikian kita akan lebih nasionalisme,berfikir lebih rasional,kreatif dan kritis.Materi PPKN merupakan tidak hanya ada di Indonesia saja,dluar negeripun diajarkan agar warganya mencintai negaranya,itu sebabnya pelajaran PPKN sangat penting.PPKN mampu membedakan antara hak dan kewajiban,terhadap batasan-batsan tertentu.

Post a Comment

Previous Post Next Post